Disaat pandemi, sektor pertanian telah mampu berkembang secara positif

Newssantara.com - 16 Februari 2021
Disaat pandemi, sektor pertanian telah mampu berkembang secara positif
 - (Msb)
Penulis
|
Editor

Newssantara.com – Kementerian Pertanian dianggap berhasil mempertahankan pertumbuhan sektor pertanian, ketika ekonomi Indonesia bahkan seluruh dunia runtuh oleh pandemi Covid-19.

Ekonom di Universitas Muhammadiyah, Bengkulu Surya Vandiantara, ketika pertumbuhan sektor-sektor lain tidak tumbuh secara signifikan, bahkan lebih sedikit, sektor pertanian terus tumbuh secara positif di tengah-tengah pandemi Covid-19.

“Ketika pertumbuhan ekonomi nasional dicatat lebih sedikit karena pandemi, sektor pertanian benar-benar positif. Ini menunjukkan dengan sangat baik kinerja Kementerian Pertanian,” kata Surya, di Jakarta (2/2/21).

Menurut data BPS, pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal kedua dan ketiga dan kuartal ketiga tahun 2020 dikontrak cukup mendalam. Summonly kurang 5,32 persen dan 3,49 persen.

Ketika hampir semua bidang bisnis berpartisipasi dalam waktu kurang, sektor pertanian terus tumbuh. Pada kuartal kedua 2020, sektor pertanian tumbuh tinggi 2,19 persen. Kemudian, pada kuartal ketiga 2020, hanya PDB pertanian yang mengalami pertumbuhan positif sebesar 2,15 persen.

Dengan pertumbuhan yang begitu positif, menurut Surya, sektor pertanian berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Sebab, pertanian berkontribusi 15,46 persen pada kuartal kedua dan 14,68 persen dari bantal triwulan segar dalam struktur PDB nasional.

“Sektor pertanian mendominasi struktur PDB kami. Karena sektor (pertanian) positif, perekonomian Indonesia tidak melakukan kolase terlalu dalam,” kata Surya.

Surya juga menghargai Kementerian Pertanian yang dipimpin oleh Syahrul Yasin Limpo, karena berperan dalam upaya untuk menstabilkan perekonomian Indonesia dengan mempertahankan sektor pertanian untuk tumbuh secara positif.

“Bayangkan, jika sektor pertanian ini negatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia pasti akan memburuk, oleh karena itu, saya menghargai kinerja Kementerian Pertanian di tengah-tengah pandemi ini,” pungkasnya.

Sumber : Liputan6.com

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar