Lahan Bekas Tambang di Desa Sawir Ambruk

Newssantara.com - 25 April 2021
Lahan Bekas Tambang di Desa Sawir Ambruk
 - (Newssantara.com)
|
Editor

Newssantara.com, Tuban – Lahan bekas tambang batu kumbung yang berada di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten TubanJawa Timur, ambruk pada Rabu (21/04/). Dalam insiden tersebut, tak ada korban jiwa maupun luka-luka. Namun, detik-detik ambruknya lahan bekas tambang itu terekam kamera handphone milik warga setempat. Kemudian, video berdurasi 15 detik itu menjadi viral dan tersebar berantai melalui aplikasi WhatsApp.

Dikonfirmasi Kepala Desa Sawir Imam Syafii menuturkan, pihaknya menduga ambruknya lahan bekas tambang milik warga tersebut dipicu dari getaran peledakan aktivitas penambangan batu kapur yang tempatnya tidak jauh dari lokasi tambang yang ambruk. Selain itu, getaran dari ledakan tersebut juga dirasakan masyarakat yang tinggal di sekitar aktivitas peledakan.

“Ambruknya (tambang, red) karena tidak dipakai dan sering ada getaran ledakan. Di rumah saja terasa getarannya, apalagi di lokasi tambang,” katanya Jumat (23/04).

Sementara itu, Camat Tambakboyo Hery Subagyo menuturkan, akhir-akhir ini ada warga yang kembali beraktivitas menambang secara ilegal. Hingga terjadi insiden tambang runtuh dua kali.

“Kami bersyukur tidak ada korban jiwa,” ungkapnya.

Kejadian itu membuat ketar-ketir 8 kepala keluarga (KK) yang tinggal berdekatan dengan lokasi runtuhnya bekas tambang kapur ini. Bagyo mengimbau kepada warga agar selalu waspada.

“Ada 8 rumah yang ada di dekat tambang yang runtuh. Mereka sudah kami imbau untuk hati-hati dan waspada,” ujarnya. (Wan/Mam)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar