Pencuri Kambing di Jenu Diamankan Polisi

Newssantara.com - 28 Mei 2021
Pencuri Kambing di Jenu Diamankan Polisi
 - (Newssantara.com)
|
Editor

Newssantara.com, Tuban – Menjelang perayaan Hari raya Idul Adha tahun ini, tentunya harga hewan ternak melambung tinggi.

Jumat (28/5) di Dusun Bogang Desa Beji Kecamatan Jenu. Seorang residivis tengah mencuri kambing tertangkap warga saat tengah menjalankan aksinya.

Ketika pelaku hendak membawa pergi kambing curiannya baru 20 meter meninggalkan lokasi, Purwanto warga setempat mempergokinya lalu mengamankannya.

Dari keterangan Purwanto pria Dusun Bogang Desa Beji Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban tersebut, pelaku awal mulanya mengaku hanya buang air kecil.

“Ngertinya itu ada orang masuk kandang, tapi gerak geriknya mencurigakan yang saat itu saya di gudang sebelah. Terus saya amati. Pas saya tanya katanya mau buang air kecil,” jelasnya.

Lebih lanjut Purwanto menjelaskan, pelaku melepas ikatan kambing, dibawa ke arah utara. Terus ia memangil teman yang berada di dekat situ untuk menghadang.

“Saya dari arah depan dan teman saya dari arah belakang. Lalu saya amankan di gudang lalu banyak warga berdatangan,” tegasnya.

Ketika sudah diamankan pelaku diintrogasi dan tidak bisa memberikan jawaban yang jelas. Akhirnya Purwanto menelpon pihak Polsek.

Menurutnya, kejadian kehilangan hewan ternak sering terjadi jika mendekati moment hari raya kurban.

“Tidak pernah lapor. Karena mau nyari ya jelas susah,” pungkasnya.

Mendengar laporan kejadian pencurian tersebut, petugas dari Polsek Jenu menuju lokasi.

Kanit Reskrim Polsek Kec Jenu, Ipda Dwi Purwoko menuturkan, kejadian tersebut terjadi sekitar jam 11. Karena warga banyak berdatangan akhirnya melaporkan ke Polsek Jenu dan anggota Polsek segera meluncur.

“Identitas pelaku atas nama Abdul Karim bin mukhlisin alamat Desa Mliwang Rt 04 Rw 01 Kec Kerek. Purwanto mendapati orang yang mencurigakan di sekitar lahan Heri Pranoto tempat saudara Purwanto kerja. Melihat pelaku membawa ternak sekitar 20 meter. Saudara bersama temannya bernama Sholeh dan Bakir, kemudian mendatangi pelaku tersebut dan menayakan kenapa kambing kamu bawa. Dan saudara pelaku tidak bisa menjawab,” jelasnya.

Baca Juga  Lantaran Ingin Memastikan Kualitas Bahan Pangan, Dinsos Provinsi Jatim Lakukan Sidak

Lebih lanjut Ipda Dwi Purwoko menerangkan, dalam kejadian tersebut tidak ada aksi main hakim oleh warga. Sehingga pelaku aman dari warga yang geram.

“Berkat kesigapan Polsek Jenu pelaku tidak di massa warga. Dan Pengakuan pelaku pernah melakukan pencurian di Mliwang berupa pisang, dan pernah dihukum juga,” tuturnya.

Menurut keterangan pelaku, aksi pencurian yang dilakukannya, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sebab sebelum bulan puasa pelaku tidak bekerja.

Adapun barang bukti yang telah diamankan yaitu satu ekor kambing jantan gibas dan motor Suzuki Smash. (Pur/Zi)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar