Wamendag Pastikan Ketersediaan Pangan Bagi Warga Tuban

Newssantara.com - 11 Juni 2021
Wamendag Pastikan Ketersediaan Pangan Bagi Warga Tuban
 - (Newssantara.com)
|
Editor

Newssantara.com, Tuban – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, meninjau Sistem Resi Gudang (SRG) yang terletak di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Kamis Siang (10/6).Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, meninjau Sistem Resi Gudang (SRG) yang terletak di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Kamis Siang (10/6).

Dalam kunjungan tersebut pria yang juga kader partai Golkar ini meyakini, dengan kehadiran SRG dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Selain itu juga, ia ingin memastikan pemanfaatan gudang SRG agar berjalan maksimal untuk penyimpanan komoditas pangan.

“Pembangunan gudang SRG merupakan bukti komitmen pemerintah yang hadir di tengah petani. Diharapkan SRG dapat menjadi sebuah instrumen yang memberikan manfaat berupa sarana pembiayaan serta sarana tunda jual untuk kelancaran perdagangan komoditas,” ujar Wamendag Jerry.

Menurutnya, dari beberapa data yang diterimanya, ada yang belum ada pengelolanya, ataupun sudah ada namun belum maksimal.

“Sebenarnya konsepsi simulasi gudang, untuk membantu petani, hasil panen yang didapatkan bisa disimpan di gudang sampai dengan enam bulan. Pada saat panenan harga sedang anjlok. Petani tidak harus jual. Melihat selama ini kan, langsung jual dan berhubungan langsung dengan tengkulak, siapa yang rugi? pastinya petani. Untuk itu ini bisa dimanfaatkan, disimpan saat harga sedang anjlok, dan dijual hasil panen saat harga lagu bagusnya.” Kata Jerry.

Pelu diketahui juga, bahwa Kemendag sudah bekerjasama dengan salah satu bank BUMN, dengan adanya barang yang disimpan di SRG, petani dapat mengajukan pinjaman kepada perbankan, sehingga manfaatnya cukup besar bagi para petani.

“Untuk itu, diharapkan para pemangku kepentingan mulai pemda/pemkab/pemkot, asosiasi, dan pelaku usaha untuk bisa memaksimalkan pemanfaatan SRG, dan menyosialisasikannya kepada masyarakat terkait adanya resi gudang tersebut,” pungkasnya. (Pur/Zi)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar