Wisata Goa Akbar Tuban, Yuk simak sejarah Singkatnya

Newssantara.com - 16 Februari 2021
Wisata Goa Akbar Tuban, Yuk simak sejarah Singkatnya
 - (Newssantara.com)
Penulis
|
Editor

Newssantara.com – Goa Akbar Tuban terletak di desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Tepatnya terletak di belakang pasar Tuban baru. Goa Akbar memiliki area seluas 1 hektar dan berisi kisah-kisah keagamaan yang sangat tinggi.

Dikatakan, Sunan Bonang mengetahui bahwa gua ini atas undangan Sunan Kalijaga yang masih dikenal sebagai Brandal Lokajaya.Goa Akbar digunakan sebagai tempat tinggal Brandal Lokajaya setelah dikeluarkan oleh ayahnya, Wilwotikto, Bupati Tuban ke-9. Saat memasuki Goa, Sunan Bonang terpesona dan segera berkata “Allahu Akbar”. Sejak itu gua yang terletak di tengah Tuban disebut Goa Akbar.

Di masa lalu Goa ini dilupakan dan menjadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Tetapi pada tahun 1998, pemerintah Kabupaten Tuban mengambil inisiatif untuk membersihkan gua ini dan mengelolanya dengan baik. Goa ini dipenuhi dengan berbagai fasilitas.
Jauh dari perkiraan wisatawan tentang gua gelap dan kelelawar berbau, sekarang di gua itu telah dibangun jalur dari paving blok yang dibatasi oleh pagar baja baja.

Ditambah dengan berbagai lampu dekoratif yang menerangi stalagtit dan stalagmit. Pengunjung dapat menikmati keindahan batu berwarna karena cahaya lampu hias dan dapat menangkapnya di foto.

Di gua ini ada juga masjid untuk ibadah dan kamar dengan kursi yang dapat digunakan untuk pengunjung untuk istirahat. Setelah meninggalkan Goa Akbar, ada pedagang yang menjual berbagai makanan dan pakaian. Biasanya pakaian dalam motif batik tuban gedhog khas.

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar